Tips Merawat Rem Motor

September 09, 2013  |   Tips   |   4,475 views  |   0 Comment

rem motorAnda pasti sepakat jika rem adalah salah satu komponen sepeda motor yang paling esensial dalam keselamatan dan keamanan saat berkendara. Berfungsi untuk memberhentikan atau memperlambat laju motor, rem harus dirawat dengan baik. Jangan sampai karena keteledoran kita, fungsi rem menjadi kurang maksimal sehingga keamanan dan kenyamanan saat berkendara pun akan terganggu.

Jenis rem pada sepeda motor itu sendiri terdiri dari dua, yaitu rem tromol dan rem cakram. Tapi sekarang ini, hampir semua pabrikan sepeda motor menggunakan sistem pengereman cakram/disc brake, baik hanya cakram depan maupun double disc brake/cakram dobel (depan-belakang).

Keunggulannya, rem cakram dianggap lebih pakem dan memiliki pelepasan panas yang lebih cepat karena posisinya yang terbuka. Tapi jangan salah, rem cakram juga bisa jadi kurang maksimal jika tidak dirawat dengan benar. Apalagi saat ini cuaca gampang sekali berubah, sehingga debu, lumpur, atau kotoran lainnya mudah mengganggu kinerja pengereman.

Berikut adalah beberapa tips merawat rem motor :

  1. Perhatikan indikator untuk melihat apakah kampas rem sudah saatnya diganti. Misal terdengar bunyi berdecit pada saat pengereman atau saat menekan tuas rem atau menginjak pedal rem, terasa lebih dalam dari ukuran standarnya.
  1. Perhatikan juga level minyak rem pada tabung kaliper rem. Jika berada di bawah garis lower, sebaiknya segera diisi supaya cengkraman rem tetap maksimal.
  2. Bersihkan secara rutin debu halus di rumah rem dengan menggunakan kuas. Biasanaya rem kurang menggigit atau malah keras, itu disebabkan adanya bagian yang kotor.
  3. Setelah dibersihkan, cek juga piston atau seal piston motor Anda. Jika ada tanda-tanda keausan sebaiknya segera diganti supaya sistem pengereman tetap maksimal.
  4. Hindari adanya minyak pelumas pada rumah rem (drum brake) karena hal itu bisa mempengaruhi kepakeman rem saat digunakan.
  5. Coba juga cek cakram motor Anda. Jika ada suara gesekan ataupun meliuk-liuk, sebaiknya segera kunjungi bengkel resmi untuk dianalisa dan ditindaklanjuti lebih akurat.

Itulah beberapa tips merawat kondisi rem sepeda motor kesayangan. Meskipun sebagian produk brake shoe atau pad set motor ada yang mampu tahan hingga 18 bulan, ada baiknya kondisi rem di cek secara rutin minimal 6 bulan sekali.

Sumber : gethomesafely.co.id

Salam semakin di depan

Info@yamaha-kaltim.co.id

640true
dots
under
74true
false
800none
  • 5000
    fade
    false
    60
    bottom
    30

    MIO J

  • 5000
    fade
    false
    60
    bottom
    30

  • 5000
    random
    false
    60
    bottom
    30

    Slide8










Related Posts

312true dots bottomright 233true true 800none
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO J
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO 10 TAHUN
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MOTOR INJEKSI = YAMAHA
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    JUPITER Z1
Lihat Postingan Lainclose