Tips Berkendara di saat Hujan

May 17, 2012  |   Tips   |   2,564 views  |   1 Comment

Akhir Akhir ini cuaca memang tidak menentu lagi, hujan di pagi hari bukan hal yang tidak sering kita jumpai, bahkan ketika kita mau menuju beraktivitas atau berangkat bekerja menjadikan aktivitas kita sangat terganggu, dengan cuaca yang demikian tidak salah jikalau kita harus Mempersiapkan diri sebaik mungkin dan perbekalan berkendara

Berikut ini adalah beberapa hal yang baiknya diperhatikan ketika berkendara saat Cuaca Hujan

1. Perlengkapan untuk pengendara

Sebelum jalan, pastian jas hujan sudah tersedia di bagasi motor, baiknya gunakan jas hujan yang berbentuk celana dan baju jangan yang ponco. Selalu Gunakan Jacket sebagai salah satu perlengkapan wajib pengendara motor, sebelum digunakan baiknya Jacket di semprotkan dulu dengan Bask Jack Met supaya lebih segar dan harum. Kenakan sarung tangan pilih yang berbahan kulit karena anti air. Sepatu yang digunakan adalah sepatu yang tidak licin sehingga mudah dalam pengoperasian tuas porseneling dan pedal rem.

Gunakah Helmet yang full-face agar wajah terhindar dari percikn air hujan. Pelapis kaca baiknya dilepas agar pandangan menjadi lebih terang dan jernih.Sebelum memakai Helmet semprotkan Bask Jack Met ke dalam Helm, supaya terhindar dari bau apek, ketika di tengah jalan turun hujan maka helm bisa menjadi lembab.

2. Kondisi Motor

Setelah perlengkapan untuk badan, sekarang periksa kondisi sepeda motor. Pastikan sepeda motor dalam kondisi yang baik, hal ini untuk menghindari keadaan mogok di tengah jalan pada saat hujan. Periksa pedal rem juga handle rem.

Ketika berada di jalan licin perhatikan traksi dan juga kondisi kedua ban. Jika kondisi kembangan ban hanya 50% jangan lakukan pengereman dengan keras dan jangan menikung dengan kecepatan tinggi.

3. Berkendara

Fokus pada saat bekendara motor, jangan sekali-sekali kedua kaki lepas dari pedal atau menggantung karena untuk jaga-jaga bila kendaraan berguling. Letakkan jari-jari kaki pada pedal, tujuanya untuk mengontrol bila terjadi sesuatu.

Saat situasi sedang turun hujan deras, sebaiknya pengendara motor berteduh sejenak di pinggir jalan. Sat berkendara kuncinya adalah focus pada kecepatan dan perubahan arah, kemudian pengereman serta buka tutup pedal gas. Saat menaikkan atau menurunkan gigi porseneling lakukan dengan halus dan berhati-hati dan jaga putaran mesin. Begitu pula saat mengrem, jika dilakuan dengan keras, kendaraan bukannya cepat malah lama baru berhenti karena kondisinya yang basah karena hujan. Hati-hati bila menggunakan rem depan sebaiknya tidak digunakan bila tidak mendesak, pada trek licin yang basah karena hujan.

Hati-hati juga ketika berada di jalan dan ada genangan air, hindari sebisa mungkin genangan air. Bila jalanan tidak rata dan berlubang sebaiknya ekstra hati-hati karena bila masuk ke lubang bisa terjatuh dan menyebabkan kecelakaan.

Patuhi rambu-rambu dan marka jalan sehingga perjalanan menjadi lebih nyaman dan aman.

Salam semakin di depan










Related Posts

312true dots bottomright 233true true 800none
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO J
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO 10 TAHUN
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MOTOR INJEKSI = YAMAHA
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    JUPITER Z1
Lihat Postingan Lainclose