Tips Aman Naik Motor di Malam Hari!!

April 13, 2013  |   Tips   |   3,382 views  |   0 Comment

Berkendara sepeda motor pada malam hari memiliki resiko untuk kecelakaan lebih tinggi jika dibandingkan berkendara motor di siang hari. Selain jarak pandang yang terbatas, lampu penerangan di beberapa tempat juga kurang memadai sehingga kita tidak tahu apa yang akan terjadi di depan kita.

Oleh karena itu, agar tetap aman selama mengendarai motor saat malam hari perlu perhatian yang jauh lebih istimewa ketimbang berkendara di siang hari. Berikut adalah tips berkendara sepeda motor di malam hari yang dapat menjadi acuan biker :

1. Penglihatan

Salah satu hambatan yang sulit untuk diatasi pada sepeda motor adalah sorot lampu  dari arah yang berlawanan. Berbeda jika biker berada di dalam mobil yang terlindung oleh kaca depan, biker tak punya pelindung sehingga sorot lampu itu sangat mengganggu. Bahkan melihat sorot lampu yang terang di malam hari bisa menyebabkan kebutaan sesaat.

Karena itu hindari melihat sorot lampu secara langsung. Sebaliknya, hindari juga penggunaan lampu atas (high beam) saat berpapasan dengan kendaraan terutama sepeda motor, agar tidak mengganggu pemandangan.

2. Visor atau Kaca Helm

Pada umumnya helm menggunakan satu jenis kaca pelindung (visor) yang cenderung gelap, sehingga hanya cocok untuk berkendara di siang hari. Ketika malam, pandangan menjadi sangat terganggu. Karena itu pastikan Biker juga memiliki visor yang lebih terang atau pakailah photocromatic visor. Kaca pelindung jenis ini otomatis akan menjadi lebih gelap saat sinar matahari sedang terik, dan akan kembali lebih terang saat matahari tenggelam

3. Visibilitas

Menggunakan jaket atau helm yang bisa melindungi juga akan membantu Biker menghindari masalah. Agar lebih baik, gunakan juga jaket atau helm yang memiliki tanda yang bisa memancarkan sinar (spotlight), termasuk pada panel-panel belakang motor. Hal ini bisa membantu pengendara lain mengenali keberadaan Biker sehingga kecelakaan bisa dihindari.

Solusi lain juga bisa dengan tambahan lampu belakang, karena jika Biker mengendarai motor hitam dan Biker menggunakan atribut serba hitam, tambahan lampu ini akan menjadi penting.

4. Trik Berkendara

Prosedur yang paling sering adalah di antara pengendara lain pada malam hari untuk mengambil keuntungan dari penerangan tambahan. Dengan cara ini Biker dapat mengamati jalan dengan lebih baik dan dapat mengetahui dengan mudah jika ada lubang pada jalan dan dapat menghindarinya.

Fleksibilitas tentang posisi jalur adalah hal yang harus dipertimbangkan juga. Dengan mengatur kecepatan dan jalur yang berubah akan membantu menciptakan ruang lebih banyak di sekitar Biker jika harus menghindari masalah yang terjadi.

5. Selalu Konsentrasi

Tips yang terakhir adalah tetap menjaga perilaku Biker untuk tetap tenang dan konsentrasi dalam berkendara di malam hari.Hal yang terpenting adalah jaga jarak yang aman agar bisa mengerem dengan baik, jaga kecepatan yang aman agar tetap bisa mengendalikan motor pada kondisi yang mendadak, dan tentu saja jangan ugal-ugalan.

Sumber: motodream

Salam semakin di depan

Info@yamaha-kaltim.co.id

640true
dots
under
74true
false
800none
  • 5000
    fade
    false
    60
    bottom
    30

    MIO J

  • 5000
    fade
    false
    60
    bottom
    30

  • 5000
    random
    false
    60
    bottom
    30

    Slide8










Related Posts

312true dots bottomright 233true true 800none
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO J
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO 10 TAHUN
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MOTOR INJEKSI = YAMAHA
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    JUPITER Z1
Lihat Postingan Lainclose