Tips Aman Berkendara Motor Saat Hujan

November 08, 2012  |   Tips   |   2,872 views  |   1 Comment

Musim Hujan sudah datang lagi nih gan dan sudah melanda di beberapa wilayah indonesia,wilayah samarinda hampir tiap hari hujan GAN…  setelah kemarin kita ada sedikit membahas tips berkendara saat hujan , maka ini lebih di detailkan bagaimana persiapanya dalam menghadapi musim hujan ini, yang namanya hujan sudah pasti akan merepotkan. Apalagi jika kita termasuk orang yang sering berlalu lalang menggunakan motor. Hujan atau pun cerah, tetep saja harus berangkat kan?

Saat hujan, banyak faktor yang harus diperhatikan yang biasanya dilewatkan saat musim kemarau. Pandangan yang kurang jelas, suhu yang dingin, jalan licin serta kemungkinan mogok membuat berkendara motor saat hujan menjadi harus lebih waspada.
Nih tips berkendara motor dengan aman meski hujan turun.

Perhatikan kaca helm

Di musim panas terutama pada siang hari, kaca film helm yang gelap tentu lebih menguntungkan. Tapi jika musim hujan, gantilah kaca film dengan kaca helm yang bening. Sebaiknya gunakan helm model full face yang menutupi seluruh kepala.

Pengereman

Saat hujan turun, fungsi pengereman bisa menjadi sangat pakem sesaat yang kemudian menjadi kurang pakem. Selain disebabkan jalanan yang menjadi licin karena air, bisa juga karena kampas rem yang kotor akibat terkena air hujan + debu. Jika menggunakan rem depan secara mendadak, kemungkinan tergelincir lebih besar. Jika rem belakang, kemungkinannya selip (ngepot).

Kondisi ban

Lihat kembangan ban apa sudah mulai tipis? Jika kembangan masih bagus, tak masalah. Namun jika kembangan sudah kurang bagus, ini akan menjadi licin saat melakukan pengereman. Sebaiknya ganti dengan ban baru dan berkualitas.
Periksa dulu rem depan dan belakang, setelah itu pastikan semuanya aman dan nyaman. Beri jarak antara kendaraan di depan kamu lebih jauh dari biasanya. Hal ini dimaksudkan agar pengereman bisa lebih smooth (kalau mendadak bisa tergelincir) dan bisa mengatasi kurang pakemnya rem akibat air hujan di aspal.

 Jalan berlubang dan becek

Waspadai setiap jalan yang berlubang. Sebaiknya pelan-pelan saja saat melewati jalan yang tak dikenal, jalan dengan kondisi jalan tanah biasa/berbatu. Jika kamu sudah hapal tentang kondisi jalan, mungkin
akan lebih baik, tapi tetap harus lebih waspada terhadap genangan air.

Jas hujan model baju dan celana

Jangan pernah memakai jas hujan model lama alias model batman. Gunakan jas hujan model pakaian yang lebih aman dan nyaman. Lebih baik sedikit repot daripada nyawa jadi taruhan kan?

Jarak pandang

Jarak pandang saat hujan menjadi lebih pendek, apalagi saat hujan angin deras dan di malam hari. Karena itu beri jarak kapan akan melakukan pengereman, berbelok, dan jarak antar kendaraan. Sebaiknya jangan menyalip saat hujan turun.

Berhenti jika terasa ngantuk

Cuaca yang dingin biasanya bikin ngantuk, apalagi jika perut kenyang. Berhentilah sejenak dan fokuskan kembali dirimu sebelum kembali mengemudi.

Saat hujan turun tiba-tiba,

selamatkan handphone, dompet, laptop, tablet pc dan barang berharga lainnya dari kemungkinan terkena air. Sedia kantong plastik, dan masukkan barang-barang di dalamnya. Ini untuk mencegah jas hujan bocor dan merusak barang kesayangan kita.

Nah itu tips triknya semoga bisa menambah ilmu dan buat kita lebih mengerti…

 

Sumber : yamaholigan.com ( edited)

Salam semakin di depan

info@yamaha-kaltim.co.id

 
640true
dots
under
74true
false
800none
  • 5000
    fade
    false
    60
    bottom
    30

    MIO J

  • 5000
    fade
    false
    60
    bottom
    30

  • 5000
    random
    false
    60
    bottom
    30

    Slide8


1 komentar keren

  • Domingo Hellberg

    May 25th, 2013 on 10:29 am

    Laptops are common now; everyone’s these to decide on school or when they travel for work. They’re useful and to maneuver with. What on earth is also common should be to see someone scrambling to discover a place to charge a laptop battery. That report due tomorrow may suddenly be lost if you don’t find an outlet within thirty seconds… Or that slideshow you could have created (but carelessly forgot just to save) may disappear should your laptop battery is just not recharged..:-,

    http://healthmedicinelab.comVery latest short article straight from our homepage









Related Posts

312true dots bottomright 233true true 800none
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO J
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO 10 TAHUN
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MOTOR INJEKSI = YAMAHA
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    JUPITER Z1
Lihat Postingan Lainclose