T-Clocs, Inspeksi Singkat Sebelum Riding

May 08, 2012  |   Tips   |   1,683 views  |   0 Comment

YAMAHA KALTIM : Kebanyakan dari kita, pasti langsung tancep kunci kontak dan putar ke posisi on terus teken deh elektrik starternya tanpa lakukan pengecekan singkat bagian-bagian motor yang sebenernya sangat penting dan harus dalam kondisi baik. Bener kaan.. hayoo ngakuu?

Nah, mulai sekarang baiknya biasakan lakukan inspeksi singkat si kuda besi kita sebelum riding. Inspeksi singkat itu biasa disebut T-Clocs.

Apa itu T-Clocs? Itu merupakan singkatan dari komponen bagian motor yang fungsinya sangat penting, khususnya dari segi kenyamanan, keamanan dan keselamatan berkendara.T-Clocs adalah Tires & Wheels, Controls, Lights & Electrics, Oil & other fluids, Chassis & Sidestand.

Tires & Wheels: Pengecekan kaki-kaki khususnya di sektor ban dan velg. Periksa ban apakah dalam kondisi layak jalan seperti kembangan atau TWI nya masih dalam batas anjuran, dan periksa juga tekanan anginnya. Jangan lupa, cek juga rem dan velgnya yahh.

Controls: Pengecekan pada perangkat kendali motor seperti pengecekan pada pengkungkit transmisi dan pedal rem, gerak setang saat berbelok ke kiri dan kanan, kabel-kabel kelistirikan dan kabel rem dan kopling serta saklar-saklar. Pastikan semua berfungsi baik dan tak ada hambatan pergerakan setang saat akan berbelok, missal terganggu oleh kabel kopling dan rem.

Lights : Pengecekan pada sektor penerangan dan tanda. Cek lampu utama dan lampu senja, apakah menyala dengan baik, dan cek juga lampu jauhnya atau hi-beam. Jangan lupa cek juga lampu belakang dan lampu remnya, apakah bekerja dengan baik juga. Dan yang tak kalah penting cek juga seluruh lampu signnya.

Di bagian ini, sekaligus lakukan pengecekan kaca spion mulai dari kondisi kaca, posisi spion dan kekencangan baut tangkainya.

Oil & other fluids: Periksa kapasitas oli yang ada dalam ruang mesin atau periksa apakah ada kebocoran. Cek juga tabung dan selang aliran air radiator dan minyak rem, apakah jumlahnya mencukupi atau apakah ada kebocoran.

Chassis: Di bagian ini, lakukan pemeriksaan kondisi baut-baut yang menempel pada sasis termasuk suspensi belakang. Pastikan tidak ada gap atau oblak pada lengan ayun. Cek kekencangan rantai dan pelumasannya. Periksa pula kondisi suspensi depan, apakah ada kebocoran oli atau ada yang oblak.

Sidestand: Di bagian ini lakukan pemeriksaan pada standar tengah dan standar samping, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Periksa kondisinya dan pelumasannya pada bagian yang terhubung dengan rangka. Cek pegasnya, apakah masih berfungsi dengan baik menahan standar pada posisinya atau sudah minta diganti.

Okay, semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat buat kita semua.










Related Posts

312true dots bottomright 233true true 800none
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO J
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO 10 TAHUN
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MOTOR INJEKSI = YAMAHA
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    JUPITER Z1
Lihat Postingan Lainclose