Soul GT, Tenaga Ngisi Terusss

May 08, 2012  |   Blog   |   10,239 views  |   1 Comment
Soul GT, Tenaga Ngisi Terusss

YAMAHA KALTIM : Test ride yang dilakukan di sirkuit Karting Sentul yang notabene sirkuit tersebut punya karakter yang menuntut handling, performa dan akselerasi motor yang mumpuni.

Pengen tau gimana rasanya ngungggngin Soul GT dan perbedaan rasa berkendaranya dengan Mio Soul? Nih, ceritainya

Handling

Di sektor handling, Soul GT lebih manteps dibanding skutik yang ada. Enak banget dibawa melibas setiap sudut tikungan sirkuit sentul kecil.

Saat melaju handling terasa nyaman, tangan pada setang pas dan kaki juga lega. Jadi makin asik saat melakukan manuver. Bahkan, saking nyamannya, saat mereng-mereng alias cornering melahap setiap tikungan sirkuit, standar Soul GT sampe ngegesrot aspal lintasan.

Tau dong apa yang terjadi kalau besi diserer di aspal dengan kecepatan yang lumayan tinggi? Yupss.. suara gerusan benda tergerus aspal kenceng terdengan. Bahkan tak jarang sampe ngeluarin percikan api. Hehehee.

Mesin

Performa mesin Soul GT tidak mengecewakan sodara-sodaraa… Mesin kembar dengan Mio J berteknologi YMJET-FI berkapasitas 113 cc, makin berperforma dibanding generasi Mio Soul. Kelebihan dari mesin ini pada belt CVTnya yang lebih pendek 15 mm dari pendahulunya.

Jadi tarikan lebih responsive. Terasa banget di putaran bawah sampai atas. Hal itu jugadidukung fuel pump yang terletak di tangkinya yang berkapasitas 4,8 liter ini.

Desain fuel pump lebih kecil 66 persen dari FI konvesional sebelumnya. Nah.. itu yang bikin penyaluran debit bbm ke mesin jadi lebih irit. Bentuk kecil berhubungan dengan konsumsi listrik lebih kecil dan semua dikontrol dengan IC.

Saluran bbm lebih halus mengalir ke peranti YMJET-FI yang dilengkapi 2 katup. Dan itu juga yang membuat Soul GT irit bbm. Duo katup ini memberikan efek kabut bukan semprotan FI versi awal, dijamin lebih efisient. Ditambahkan lagi, filter karbu terbuat dari wool hingga kemampuan menyerap udara lebih manteps dan padat ke ruang bakar.

Tidak hanya irit, tapi DNA balap Yamaha tetap kentara. Ini terlihat dari perubahan katup in menjadi 26 mm dari 24 mm, ini mampu berkitir pada putaran 5.000 rpm. Melayani putaran atas nggak akan kedodoran, pengapian sendiri bisa mencapai kompresi 9,3:1

“Jika memakai pertamax lebih bagus, kita tak melarang memakai premium” seru Muhammad Abidin-Manager Technical Suppot YMKI ini. Menurut lelaki yang paham banget masalah teknis Yamaha, Soul GT bisa diisi premium tapi diajurkan BBM beroktan diatas 88 agar mesin lebih awet biarpun Yamaha memberikan garansi 5 tahun kedepan.

Naahh… Jadi jangan kuatir karena Soul GT masih mau menenggak premium.

Bodi

Mesin dan rangka persis milik Mio J tapi bodi lebih furutistik dan gemuk. Biar pun terlihat sedikit lebih gemuk, tapi terbukti Soul GT tetep gesit, lincah dan irit. Mantepsss kan..?

Konsep desain terinspirasi dari muscle car legendaris Mustang GT. Pengartian GT berarti Grand Tourismo atau Grand Touring, ini diwakiling lampu depan yang terkesan machoabieezzz

Terlihat mirip Mio Soul lawas yang ditrasnbodi dengan fiber, Soul GT dilengkapi angel eye yang berfitur otomatis. Sesuai banget kan sama tren sekarang yang banyak memodif motor dengan menambahkan angel aye. Waktu key shutter diputar ke posisi ON, angel eye nyala mengikuti peraturan safety riding masa kini.

Bentuk bodi lebih padat dan berisi, dipertegas dengan simbol GT yang tidak dari cutting stiker tapi dari emblem timbul 3D. Jadi terlihat mewah.

Lampu belakang lebih modern dari pada versi sebelumnya. Bentuk disesuaikan denganaerodinamis yang pas buat meliuk dikemacetan Ibu Kota. Tak ketinggalan, bagasi yang lapang jadi fitur wajib di Soul GT.

Indikator

Tidak hanya bodi yang 3D, tapi indikator terlihat eksklusif. Tidak bentuk bulat seperti kebanyakan, tapi oktagon atau persegi delapan.

Didesain meniru jam tangan cowok mewah, Audemars Piquet, yang berbentuk 3D Chronograph aksen octagonal bezel. Selain indikator wajib macam odometer, spido, lampu sein dan bbm, ada juga indikator injeksi yang berguna saat melakukan service. Nyala di indikator tersebut menunjukkan kerusakan waktu test lewat komputer. Ajieeebbb..

Penasaran pengen coba? Buruan dech datang ke show room dan dealer-dealer Yamaha di kota mu.


1 komentar keren









Related Posts

312true dots bottomright 233true true 800none
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO J
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO 10 TAHUN
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MOTOR INJEKSI = YAMAHA
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    JUPITER Z1
Lihat Postingan Lainclose