Nyalakan Lampu Utama Itu Lebih Baik

May 13, 2012  |   Tips   |   2,545 views  |   0 Comment

Hingga saat ini, berbagai sikap pro dan kontra para biker pada keputusan pemerintah yang menetapkan undang-undang No.22 tahun 2009, pasal 107 tentang Pemengemudi Sepeda Motor wajib menyalakan lampu utama di siang hari, masih saja ada.

Untuk ketentuan pidananya tertuang dalam Pasal 293 ayat (2) dimana setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari dipidana dengan kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp 100 ribu.

Munculnya peraturan ini cukup banyak menimbulkan pro dan kontra di kalangan bikers. Sebagian sikap kontra tersebut menyatakan bikin repot, bikin cepet rusak aki dan lampu. Namuan apa pun alasan itu, keputusan sudah dibuat, dan sebagai warga negara yang baik harus mematuhi peraturan yang dibuat pemerintah.

Bukan tanpa alasan, pengesahan undang-undang ini sesungguhnya hanya untuk satu tujuan, meminimalisasi kecelakaan, terutama bagi para bikers. Data yang tercatat, hampir setiap hari sekitar 10 biker meninggal akibat kecelakaan. Nah, kalo sudah begini siapa yang mau disalahkan. Apa bro sekalian mau jadi salah satu dari 10 orang yang tewas setiap harinya? enggak la yaww.

Menyalakan lampu siang hari hanya sebagian dari beberapa aspek keselamatan berkendara yang harus dilakukan para biker. Pasalnya, bentuknya yang kecil, serta posisinya yang sering terhalang mobil, pagar atau pohon hingga tak terlihat oleh pengendara lain, acap kali menjadi penyebab terjadinya kecelakaan.

Untuk meminimalisasi kondisi ini, pemerintah merasa perlu menerbitkan undang-undang lalu lintas yang mewajibkan pengendara motor harus menyalakan lampu utama meski di siang hari. Hal ini untuk mempermudah pengendara mobil dan kendaraan lain mengetahui posisinya yang mungkin terhalang bodi mobil atau pohon.

Lantas apakah masalah lampu utama menyala di siang hari ini benar-benar efektif meminimalisasi kecelakaan?

Andry Berlianto, Instruktur dari JDDC Crash Free Int’l mengatakan bahwa hal itu sangat efektif. Walau dia sendiri belum memiliki data pasti berapa besar dampak yang dihasilkan untuk meminimalisasi kecelakaan, dia menegaskan bahwa hal itu efektif dilakukan.

“Hal ini pernah diuji coba oleh salah satu komunitas motor di Jakarta, mereka menggunakan dua unit motor dan sebuah mobil. Satu motor dengan kondisi lampu utama menyala dan yang satunya dengan lampu tak menyala. Motor yang lampunya menyala lebih terdeteksi dan terlihat di kaca spion mobil meski di jarak yang jauh, sementara motor yang lampunya tak menyala nyaris tidak terlihat,” jelas nya.

Pancaran sinar lampu yang ada di kaca spion, kata Andry, akan membantu pengendara lain lebih waspada terhadap kondisi sekitarnya, dan kewaspadaan itu akan membantu mengurangi potensi terjadinya kecelakaan.

Bagi para bikers yang masih bandel dan tak menghiraukan peraturan ini, bersukurlah karena masih bisa ngebut sampai sekarang. Dan kalaupun tertangkap, paling ditilang atau denda Rp 100 ribu. Tapi sadarilah bahwa hal buruk selalu membayangi perjalanan para bikers jika kurang hati-hati dan waspada. Dan menyalakan lampu utama itu akan lebih baik

Salam Semakin di depan










Related Posts

312true dots bottomright 233true true 800none
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO J
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO 10 TAHUN
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MOTOR INJEKSI = YAMAHA
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    JUPITER Z1
Lihat Postingan Lainclose