Merawat Rantai Kamprat Jupiter-Z

June 16, 2012  |   Tips   |   2,547 views  |   0 Comment

Perlu dicermati jika angka pada adometer berada pada posisi 60.000 km, rantai kamprat bisa jadi kendala dalam perjalanan karena bisa mengakibatkan aus pada pin bushingnya yang mengakibatkan tegangan rantai jadi kendor dan mengeluarkan suara berisik. Pemasangan tensioner otomatis pun gak ngejamin suara brisik akan hilang, sebab tensioner juga memiliki batas tekanan ke karet tensioner untuk menstabilkan rantai.

Tapi sabar, jangan terburu-buru mengganti rantai kamprat, sebab Mbun mekanik Pandawa Motor di kawasan Hasanudin Semarang punya trik buat para penunggang Yamaha Jupiter Z, lumayan bisa menekan pengeluaran.

Langkah awal adalah dengan membongkar tensioner dari dudukannya, kemudian ujung push rod tensioner dilas dengan mur baja. “Pengelasan dilakukan demi memperpanjang hentakan push rod ke karet tensioner,” terang Mbun.

“Untuk karet tensionernya bisa diganti dengan milik Cripton atau kepunyaan Vega tapi yang 100cc, karena secara desain karet tensioner sama, hanya saja bagian telapaknya lebih menonjol,” tambahnya. “Cara seperti ini bisa memperpanjang umur kamprat kurang lebih hingga 4 tahunan,” tutup mekanik yang handal bongkar motor klasik ini.
Sumber:yamaholigan.com

Salam semakin di depan
info@yamaha-kaltim.co.id










Related Posts

312true dots bottomright 233true true 800none
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO J
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO 10 TAHUN
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MOTOR INJEKSI = YAMAHA
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    JUPITER Z1