Kenali Fungsi Cara Kerja Injeksi

June 16, 2012  |   Blog,Tips   |   8,314 views  |   9 Comments

YAMAHA KALTIM : Fungsi dan cara kerja komponen injeksi Bahan bakar bensin elektronik atau sistem EFI terdiri dari dua sistem utama yaitu sistem bahan bakar, sistem induksi udara.

a. Sistem Bahan Bakar

Sistem Bahan Bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar.

Komponen sistem bahan bakar terdiri atas:

1. Pompa Bahan Bakar

Pompa bahan bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke injektor. Pompa bahan bakar yang digukanan adalah pompa bahan bakar listrik.

2. Fuel Pulsation Damper

Fuel pulsastion damper berfungsi sebagai penyerap perubahan tekanan pada saluran tekanan karena adanya injeksi. Tekanan bahan bakar dalam intake manifold dipertahankan oleh pressure regulator.

3. Pressure Regulator

Pressure regulator berfungsi mengatur tekanan bahan bakar ke injektor-injektor. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan diatur oleh sinyal yang diberikan ke injektor sehingga tekanan harus tetap pada tiap tiap injektor. Untuk mendapatkan jumlah penyemprotan yang tepat, tekanan bahan bakar harus dipertahankan lebih kurang 2,55 kg/cm2.

4. Injektor

Injektor adalah sebua nozzle elektromagnetik yang kerjanya dikontrol oleh komputer. Injektor dilengkapi dengan heat insulator pada saluran masuk atau pada kepala slinder yang dekat dengan lubang pemasukan.

5. Cold Start Injektor

Cold start injektor digunakan untuk mensuplai bahan-bahan pada saat suhu motor masih rendah. Injektor ini dipasang di bagian tengah ruangan udara masuk. Injektor bekerja hanya pada saat start bila temperatur air pendingin di bahwa 220 celsius.

Jadi jangan salah pilih Motor Injeksi, Hanya Yamaha yang sudah betul betul siap dengan Teknologi tinggi untuk menyambut FI, baru baru ini Yamaha menggelar Workshop FI Injector Cleaner bagi wartawan

Workshop ini bertujuan agar awak media tidak hanya mengenal teori tentang kinerja FI tapi juga terjun langsung layaknya mekanik bersentuhan dengan teknologi canggih pada motor itu. Bagian servis Yamaha mengarahkan bagaimana perawatan FI yang mudah dan murah sesuai konsep FI Yamaha – Mudah dan Murah Perawatannya. Diantaranya penjelasan dan praktek filter fuel pump yang bisa diganti, injector yang bisa dibongkar-dibersihkan-diukur, dan fungsi PEA Carbon Cleaner yang dapat mengurangi kadar karbon. Jenis-jenis FI cleaner Yamaha yaitu injector & tester untuk kota besar, 3M injector cleaner untuk kota biasa dan Yamalube Carbon Cleaner untuk daerah pedesaan. Perawatan berkesinambungan dilakukan untuk menjaga engine performance dan fuel consumption.

Servis FI juga bersentuhan dengan keunggulan “new FI diagnostic tool” yang terdiri dari catatan perawatan seperti medical card untuk merekam dan mencetak data kerusakan, Osciloscope (seperti alat rekam jantung untuk mapping FI Yamaha), data logger untuk merekam kebiasaan konsumen mengendarai motor dan keberadaan ECU yang menyimpan data nomor rangka dan EG.

ini bukti kesiapan YAMAHA INDONESIA menyambut Generasi baru FUEL INJECTION

Salam semakin di depan

info@yamaha-kaltim.co.id


9 komentar keren

  • Hamid

    June 22nd, 2012 on 9:13 am

    Kapan Yamaha Byson pake Injeksi dn cakram?

  • eko

    June 22nd, 2012 on 9:17 am

    kl abis jatuh,pst motor ijeksen mati.penyebabnya ap,lalu ap yg hrs kita lakukan

    • ilham

      June 22nd, 2012 on 7:50 pm

      siip.

    • Fathur

      December 31st, 2012 on 9:56 am

      Kalau kita habis jatuh, jangan sekalai-kali langsung menghidupkan mesin, karna mesin sedang mengsatabilkan kinerja, apa lagi mesin injeksi harus menunggu kurang lebih 10-15 menit untuk menghidupkan mesin kembali

  • chandra

    June 22nd, 2012 on 10:07 am

    dimana bisa beli new fi diagnostic tool? n brp hrganya? n apa udh include softwares???

  • ilham

    June 22nd, 2012 on 7:51 pm

    siip..

  • aditya febriant widi

    September 24th, 2012 on 10:16 am

    apakah smua mtor injeksi klu gas.a dtarik pnuh akn menyedat²
    soal.a vixion ku gk bsa d.gas pnuh.

    • Fathur

      December 31st, 2012 on 9:45 am

      sebenarnya semua Mesin Injeksi sudah di rancang 30% lebih irit, makanya saat gas ditarik penuh Rpm naik dg teratur,tdk bisa seperti mesin non injeksi

      • Fathur

        December 31st, 2012 on 9:52 am

        saya pernah mencoba Vi-xion feul Injeksi & vi-xion lama, performa mesin itu memang lebih unggul yg injeksi, namun saat akan menaikkan rpm kalah dg vi-xion yg lama, untuk lomba irit, jelas yg injeksi menang bedanya hanya satu streep









Related Posts

312true dots bottomright 233true true 800none
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO J
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO 10 TAHUN
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MOTOR INJEKSI = YAMAHA
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    JUPITER Z1