Helm Bisa Menjadi Penyelamat Dari Kematian

May 13, 2012  |   Tips   |   1,482 views  |   0 Comment

Highway Loss Data Institute bersama Insurance Institute for Highway Safety, Amerika, pernah melakukan studi keselamatan berkendara dengan hasil yang cukup mencengangkan. Data itu menyebutkan bahwa pelatihan bagi pengendara motor agar lebih aman saat berkendara di jalan raya ternyata tak cukup ampuh menurunkan tingkat kecelakaan.

Namun dari hasil studi itu pula ditemukan bahwa penggunaan helm secara tepat dan benar, mampu menjadi penyelamat pengendara dari resiko kematian saat terjadi kecelakaan.

Kendati demikian, pelatihan itu bukan berarti tak penting dan lantas ditinggalkan. Pelatihan itu tetap penting dan menjadi salah satu medium untuk menyampaikan pemahaman lebih jauh kepada pengendara tentang pentingnya perilaku aman di jalan.

Seperti dilansir New York Times, Anne McCartt selaku Wakil Presiden Senior untuk penelitian di Insurance Institute, “Kami tidak mengatakan bahwa mereka seharusnya tidak mendapatkan pelatihan, tapi kami membutuhkan ekspektasi yang realistis tentang apa yang dapat dilakukan dengan pelatihan,” jelasnya.

Data kecelakaan menyebutkan, delapan dari sepuluh kecelakaan mengalami luka parah atau bahkan meninggal. Hal ini jelas mengindikasikan bahwa pengendara motor memang sangat rentan mengalami kecelakaan karena mereka bergerak tanpa pelindung seperti yang ada pada mobil, semisal sabuk pengaman atau kantung udara.

“Namun biar bagaimanapun, pelatihan bagi pengendara motor baru juga perlu dilakukan untuk lebih mengenalkan dan memahami karater motor dan bagaimana cara mengoprasikan perangkat yang ada,” jelas Anne McCartt.

Dan yang terpenting dari semua itu adalah cara dan karakter berkendara itu sendiri. Tentunya jika ngebut dan berkendara dalam keadaan mabuk jelas semua itu tidak ada artinya.

Selain itu, dari studi yang dilakukan juga menjelaskan bahwa motor yang telah mengaplikasikan sistem rem antilock brake system (ABS), sekitar 37 persen mampu mengurangi resiko terjadinya kecelakaan fatal. Dan penggunaan helm yang tepat dan benar mampu mengurangi resiko kematian akibat kecelakaan hingga 37 persen.










Related Posts

312true dots bottomright 233true true 800none
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO J
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO 10 TAHUN
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MOTOR INJEKSI = YAMAHA
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    JUPITER Z1
Lihat Postingan Lainclose