Atasi Knalpot Menembak ala Bengkel RPM

April 03, 2012  |   Tips   |   6,841 views  |   0 Comment

Penggantian komponen bawaan pabrik dengan komponen after sales memang sering dilakukan pengendara pada tunggangannya untuk menemukan performa dan akselerasi yang lebih tinggi pada motornya. Namun terkadang, ada beberapa masalah yang timbul akibat penggantian tersebut.

Seorang biker bertandang ke bengkel RPM dengan keluhan berikut, “Saya sudah mengupgrade Yamaha Byson saya dengan karburator pe28, cdi brt dualband, koil bluethunder, busi dan knalpot racing, namun kenapa knalpot saya sering nembak? Padahal setelan pilot jet dan Main jet juga sudah disesuaikan ukurannya?”

“Gampang, solusinya ICE-nya ditutup dengan pelor komstir dan baut “L6”. Tips ini yang saya telah terapkan beberapa kali untuk menghilangkan gejala nembak pada knalpot konsumen pemilik Yamaha Byson,” terang Jawir, kepala mekanik dari bengkel RPM. Untuk setelan tutup ICE ini, pihak RPM cukup mematok biaya jasa kerja Rp 20 ribu.

Jawir juga menambahkan jika dengan sekian perubahan komponen di atas, disarankan agar ukuran main jet yang digunakan sebaiknya ukuran 115 dan pilotnya pakai 42.

“Sebaiknya juga kalau pakai cdi racing, koilnya pakai yang standar saja. Sebaliknya jika koilnya pakai blue thunder, cdi-nya yang standar saja,” pungkas Jawir. Pasalnya kalau pakai cdi racing BRT dan pakai koil racing, maka salah satunya akan jebol. Biasanya CDI yang kalah.

Semoga bisa membantu.

Sumber
RPM Jl. M. Kahfi 1 No. 1A Ciganjur – Jakarta Selatan

custom_gallery
images not found










Related Posts

312true dots bottomright 233true true 800none
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO J
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO 10 TAHUN
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MOTOR INJEKSI = YAMAHA
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    JUPITER Z1
Lihat Postingan Lainclose