Aplikasi Paha Rem RX-King di Jupiter Z

May 10, 2012  |   Tips   |   3,936 views  |   1 Comment

Di usia pakai yang sudah cukup lama, biasanya kinerja rem sudah mulai berkurang. Baik itu rem depan maupun rem belakang.

Nah, kali ini Bro Herianto dari bengkel Bukit Jaya yang berlokasi di Jl Raya Bukit Kencana, Semarang, ngasih sedikit tips biar kinerja rem makin maksimal.

“Terkadang kita harus ngerem dengan membejak pedal lebih dalam, khususnya untuk motor lawas,” jelas Herianto.

Lebih lanjut Herianto menjelaskan, masalahnya ada di tuas atau biasa disebut paha rem. Umumnya para bikers mengganti paha rem motornya dengan paha rem milik Yamaha RX-King. Karena secara ukuran lebih panjang dari paha rem bawaan Jupiter Z.

“Tapi rem belakang fungsinya tak terlalu besar, umumnya digunakan Cuma 30%-40% saja, selebihnya mayoritas yang digunakan adalah rem depan.”

Nah, penggantian paha rem ini dimaksudkan untuk menghasilkan tekanan lebih baik pada rem tromol belakang, sehingga kaki tak perlu menekan tuas rem lebih dalam. “Dan ingat, pahami dulu cara pengereman yang baik. Karena penggunaan rem belakang yang berlebihan saat laju motor kencang juga bisa membahayakan. Makanya, umumnya digunakan bersamaan dengan porisi tekanan 70-39 atau 60-40.”

Jika diukur, panjang tuas Jupiter Z hanya 9cm, sedangkan tuas rem RX-King adalah 12cm. “Logikanya dengan tuas yang panjang, kita tidak memerlukan energi yang besar untuk menginjak pedal rem, beda hal nya jika tuas rem berukuran pendek,” papar Herianto.

(Sumber:yamaholigan.com)


1 komentar keren









Related Posts

312true dots bottomright 233true true 800none
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO J
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MIO 10 TAHUN
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    MOTOR INJEKSI = YAMAHA
  • 4000 fade false 60 bottom 30
    JUPITER Z1
Lihat Postingan Lainclose